Pasokan Cabai dan Bawang Merah Surplus

By Admin

Foto/Ilustrasi  

nusakini.com - Hingga dua bulan ke depan, harga komoditas hortikultura seperti cabai dan bawang merah diyakini akan stabil. Hal ini dikarenakan pasokan komoditas hortikultura tersebut mengalami surplus seperti cabai dan bawang merah mengalami surplus.

Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Sri Wijayanti mengatakan harga cabai merah keriting terendah di tingkat petani berada di Lombok, yakni Rp 5.000 per kilogram (kg). Sementara harga tertinggi di Yapen (Papua), sebesar Rp 50 ribu. Harga jual di Pasar Induk Kramat Jati per 19 Juni adalah Rp 16 ribu per kg,

Cabai merah besar bisa didapat konsumen dengan harga Rp 18 ribu per kg di Pasar Kramat Jati. Untuk komoditas ini, harga terendah di tingkat petani berada di Asahan (Sumatera Utara) yakni Rp 4.000 per kg dan harga jual tertinggi di Kupang (NTT) sebesar Rp 45 ribu per kg. 

Harga cabai rawit merah terendah di tingkat petani per 19 Juni yakni di Bantaeng (Sulawesi Selatan) dengan harga Rp 12 ribu per kg. Harga jual di tingkat petani tertinggi sebesar Rp 80 ribu per kg di Yapen. Sementara harga yang dijual di Pasar Kramat Jati Rp 25 ribu per kg. 

"Harga yang stabil menandakan produk di sentra utama ada. Mudah-mudahan harga terus tidak bergejolak hingga Agustus," katanya, Selasa (20/6/2017)

Begitu juga dengan bawang merah yang surplus. Angka prognosa surplus pada Juni sebesar 9.000 ton dan 16 ribu ton tiap bulannya pada Juli dan Agustus. Pasokan cukup banyak pada dua bulan tersebut dikarenakan bertepatan dengan puncak panen. "Kita akan benar-benar minta Bulog amankan produksi di petani," ujarnya. 

Sementara itu, ekspor bawang merah mulai dilakukan pada Juli-Agustus-September. Beberapa negara tujuan ekspor yakni Vietnam, Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia dan Taiwan. (b/mk)